menyedihkan! ini alasan kenapa orang buang sampah sembarangan

si aBank - buang sampah sembarangan
foto: dokumentasi pribadi/ pantai pasir panjang Singkawang
coba lihat sekeliling anda  apakah anda melihat sampah berserakan tidak pada tempatnya atau mungkin seperti gambar di atas? jika tidak ada berarti lingkungan anda sudah sangat baik dalam mengelola sampah.

sayangnya saat ini kita masih mudah sekali menemukan tumpukan sampah yang tidak pada tempatnya, padahal ini jelas-jelasa sangat merusak lingkungan baik dari sisi pemandangan yang tidak asri karena tempat yang banyak sampah akan terkesan kumuh dan kotor, belum lagi aspek kesehatan yang tentu sangat tidak baik, mau yang tidak sedap (busuk), lalat-lalat yang beterbangan dan banyak hal negatif lainnya.

sebenarnya kita dengan mudah menemukan himbauan-himbauan agar membuang sampah pada tempatnya baik yang dibuat oleh pemerintah maupun lembaga-lembaga sosial yang bergerak dibidang lingkungan, namun tetap saja kita masih menemukan sampah yang dibuang sembarangan bahkan tidak jauh dari pengumuman/ himbauan itu dipasang, saya suka menyebut sifat semacam ini sebagai sifat primitif!

Apa sih yang membuat orang masih saja tetap membuang sampah sembarangan? berikut beberapa faktor yang menyebabkan orang masih saja membuang sampah sembarangan

Tidak mau repot, ya... kadang orang seenaknya saja membuang sampah dimana mereka berada, tanpa mau sedikit usaha untuk mencari tempat sampah yang ada, celakanya bahkan kita sering menemukan banyak sampah berserakan justru tidak jauh dari tempat sampah yang sudah disediakan, kaki mereka seakan berat sekali melangkah mendekati tong sampah, atau mungkin kita sering melihat sampah yang berserakan disekitar tempat pembuangan sampah yang ada dipinggir jalan, orang-orang yang membawa sampah dengan sepeda motor atau bahkan mobil main lempar saja kearah tong sampah, sayangnya mereka bukan pelempar yang ulung, banyak dari lemparannya tidak masuk ketempat sampah alhasil sampahpun menumpuk dan berserakan di pinggir jalan. Sulit ya singgah sebentar lalu turun untuk membuang sampah dengan benar di tempatnya?
si Abank - sampah sembarangan
foto: pontianak post

Hanya sampah kecil, nanti juga ditiup angain, nanti juga terbawa air hujan, nanti juga hancur sendiri, sampah kecil tidak akan mengganggu atau kelihatan mencolok atau alasan-alasan primitif lainnya, intinya mereka benar-benar menganggap sepele hal ini, padahal mau sampah kecil atau besar jika tidak pada tempatnya tetap saja mengganggu, sampah kecil juga bisa jadi banyakkan jika banyak orang nasuh berfikiran begini?
si Abank - buang sampah sembarang
foto: tandapagar.com

Arogan, ehmmm apa hubungannya? sering kali orang-orang berprilaku primitif itu berlaku seenaknya, dalam pikiran mereka toh nanti pasti ada yang bersihkan, atau sudah ada petugas yang di gaji untuk memungut sampah yang dibuang mereka sembarangan, benar-benar sombongkan?
si Abank - buang sampah sembarang
foto: tandapagar.com

Tidak ada yang lihat, saking seriusnya masalah per-sampah-an ini beberapa daerah bahkan menerapkan denda bahkan penjara bagi pelaku pembuang sampah sembarangan, tapi lagi-lagi karena pola pikir primitif sepertinya sudah mendarah daging jika tidak ada yang lihat tetap saja mereka buang sampah sembarangan, benar-benar bikin kesel kan?
si Abank - buang sampah sembarangan
foto: dokumentasi pribadi/ pantai pasir panjang singkawang

Bukan Lingkungan saya, kurang ajar sekalikan? ada lho orang-orang yang begini, rumah mereka selalu dijaga kebersihannya, tongsampah berfungsi dengan baik, ehhh giliran buang sampah yang terkumpul mereka kembali ke sifat primitif diatas.
foto: pontianak post
Tidak peduli, sifat ini sebenarnya jadi satu kesatuan dari semua faktor orang membuang sampah sembarangan, mereka benar-benar tidak peduli akan kebersihan dan lingkungan sekitarnya, kita sudah sangat familiar melihat tumpukan-tumpukan sampah justru dimana terdapat himbauan atau bahkan peringatan dilarang membuang sampah, kecuali mereka buta huruf! tapi saya yakin anka buta huruf di indonesia sudah sangat kecil, (yang buang sampah sembarangan) Anda Buta Huruf?


si aBank - buang sampah sembarangan
foto: dokumentasi pribadi
Fenomena tentang sampah ini terjadi hampir disemua kalangan bahkan orang-orang kota yang konon lebih terpelajar justru masih banyak yang tergambar dari coretan diatas, mengerikan bukan? semoga pembaca bukan termasuk golongan-golongan diatas atau sejenisnya, mari kita jadi lingkungan kita, buang sampah pada tempatnya itu tidak susah.

oh iya sampah jika dikelola dengan baik selain menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih serta asri bahkan dapat menjadi berkah lho. pada kesempatan lain saya akan menulis tentang berkah sampah.

salam dari si aBank













Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "menyedihkan! ini alasan kenapa orang buang sampah sembarangan"

Post a Comment

11111111111111