Startup Lokal SDM Kalbar

image IG @techinasia_id
Bisnis startup sedang menjadi suatu tren di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Berbagai kisah sukses dari startup yang sudah berhasil seperti Gojek, BukaLapak, Tokopedia atau Traveloka, menjadi pemicu semangat munculnya startup-startup baru.

Istilah startup merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau bisnis. Menurut Wikipedia, startup merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Saat ini istilah startup digital lebih banyak digunakan untuk menjelaskan perusahaan yang berbau teknologi, web, Internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Besarnya jumlah pengguna pengguna internet dan pengguna smartpohone menempatkan Indonesia menjadi market potensial yang sangat menarik bagi perusahaan startup berbasis teknologi informasi, tidak hanya pemain lokal tapi juga startup-startup dari manca negara.

Bagaimana dengan Kalimantan Barat? Meski belum merata disemua daerah sudah cukup banyak startup digital yang muncul dengan ide dan model bisnis yang tidak kalah keren dari startup yang berasal dari kota besar lain di Indonesia. Jenis dan layanan yang dihadirkan pun beragam seperti diantaranya layanan Personal Delevery Service (Bujang Kurir), E-Commerce (Indofarm, TokoKota), Logistik (Skymada), Angkutan Sampah (Angkuts), Teknologi Financial/Fintech (abangdesa),  Platform Media (Pontinesia, Hi Pontianak), Game (Papon) , Pariwisata (Enggang Indonesia), Kesehatan Bank Darah) dan banyak lagi.

Jika diperhatikan ada hal menarik yaitu  semua startup lokal yang ada dikalbar saat ini dirintis oleh tim-tim  yang beranggotakan anak-anak setempat, ini sekaligus menegaskan bahwa banyak talenta atau SDM Lokal Kalimantan Barat mempunyai kompetensi yang mumpuni di bidang ini, hal ini juga dapat dilihat dari tingginya minat anak-anak muda dalam setiap event yang bertema tentang startup, bahkan beberapa event startup besar berskala nasional menjadikan ibu kota Kalimantan Barat sebagai salah satu lokasi kegiatan mereka, sebut saja misalnya rangkaian Gerakan 1000 Startup yang gagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Astra Starup Challenge yang di motori oleh Grup Astra dan banyak kegiatan lainnya.

Faktor sumber daya manusia merupakan bagian penting agar dapat membentuk sebuah tim yang kuat, dengan tim yang kuat menjadikan sebuah startup punya peluang lebih besar untuk maju dan memberikan layanan inovatif dan memberikan kemudahan kepada masyarakat penggunanya. 


Startup lokal akan memberikan solusi atas permasalahan daerah dengan lebih dalam, karena mereka lebih dekat atau bahkan menjadi bagian dari “isue” yang mereka tangani  untuk itu diperlukan dukungan dan partisipasi semua pihak, baik pemerintah maupun, swasta agar dapat memaksimalkan potensi yang ada. 

Tulisan ini dibuat untuk dan telah terbit di Majalah M-Pro (Majalah Profesional Diklat Aparatur Provinsi Kalimantan Barat) dengan Judul dan isi yang sama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Startup Lokal SDM Kalbar"

Post a Comment

11111111111111