Berakit - Rakit ke Hulu, 1000 StartUp Kemudian

Hasil gambar untuk 1000 startup digital

Dua hari yang lalu ketika akan pulang dari sebuah pertemuan dengan beberapa orang teman saya memutuskan untuk pulang menggunakan jasa ojek berbasis aplikasi yang sejak dua bulan ini telah beroperasi di kota Khatulistiwa ini.

saat berangkat tadi saya bersama dengan sahabat dan memang tidak membawa kendaraan sendiri, sahabat yang sama sebenarnya menawarkan boncengan lagi ketika pulang, tapi karena kurang dari satu jam lagi waktu berbuka puasa tiba saya tidak ingin merepotkan ia mengantar saya meskipun rumah kami hanya berjarak sekitar 1 Kilometer, singkat cerita abang ojek pun datang beberapa menit berselang.

Dalam perjalanan terjadi obrolan menarik antara saya dan si abang ojek, namun dari pembicaraan sepanjang perjalanan dengan waktu kurang lebih 20-an menit itu, ada sebuah fakta menarik yang saya dapatkan yaitu, si abang ojek ini ternyata Mahasiswa angkatan tahun 2014 sebuah perguruan tinggi Negeri di Pontianak, lebih lanjut lagi si abang mengaku sejak menjadi mitra salah satu perusahaan startup digital transportasi ini ia sudah tidak menjadi beban orang tua lagi, bahkan sesekali ia yang mengirim uang buat orang tua di kampung. perlu di ketahui si abang ojek bisa kuliah karena mendapatkan beasiswa! kerenkan?!

Saya langsung teringat ketika hari Minggu lalu tepatnya 28 Mei 2017 saat mengikuti kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, sebuah gerakan yang diinisiasi oleh sebuah perusahaan konsultan bidang Teknologi Informasi khususnya Startup yaitu KIBAR dan didukung oleh kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.


Dalam kegiatan tahap Ignition 2 Pontianak tersebut menghadirkan beberapa pemateri yang luar biasa memberikan wawasan dan sangat menginspirasi khususnya dalam mengenali, memahami dan menggali potensi serta peluang dunia digital di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna internet terbesar di dunia, meski lupa berapa angka persisnya yang di sampaikan saat itu namun angkanya sangat fantastis bahkan di atas 130 - 140 juta pengguna internet aktif, dan diprediksi akan terus meningkat seiring dengan perkembangan pembangunan bidang teknologi,  Wow!!  wajar jika selama ini Indonesia menjadi target market primadona negara-negara maju dalam memasarkan produk-produk yang berbasis teknologi informasi.

Dengan fakta potensi pasar sebesar itu kehadiran sebuah startup digital tentunya akan mampu membuat sebuah perubahan besar dan bermanfaat bagi banyak orang, baik manfaat sosial maupun manfaat ekonomi bahkan bisa jadi keduanya beriringan, luar biasa bukan?!

kembali ke cerita saya bersama si abang ojek di atas, dengan hadirnya startup digital ojek banyak orang yang sebelumnya enggan naik ojek kini bahkan menjadi seperti trend, pesannya gampang harga terjangkau dan tranparan, pelayanan ok dan keamanan terjamin ini akan otomatis berbanding lurus dengan dampak pada si abang ojek, gak perlu mutar-mutar cari penumpang, pelanggan percaya, income pun naik.

Cerita si abang ojek ini adalah satu dari sekian banyak cerita sukses dampak pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk stratup digital, dan target menjadikan Indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di dunia bukan "pungguk merindukan bulan" namun dengan Gerakan Nasional 1000 starup digital justru langkah nyata "berakit-rakit kehulu, 1000 StartUp Digital kemudian"

salam

#1000StartupDigital
#Pontianak
#Ignition2
#MudaBedaBerdaya

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Berakit - Rakit ke Hulu, 1000 StartUp Kemudian"

11111111111111