Online Shop - Bisnis "Anak Tiri"

anak tiri - si aBank

Anda punya online shop yang cukup eksis? Pernah dapat dukungan modal (pembiayaan/ kredit) dari bank atau lembaga keuangan lain atas bisnis online anda?

Jika iya anda sangat beruntung !

Ya anda cukup beruntung, jika pembiyaan bank yang anda peroleh murni dari bisnis online anda. Beberapa pelaku bisnis jual - beli online yang saya kenal merasa sangat sulit dalam mengakses permodalan dari bank, bahkan mereka harus menerima kenyataan pahit rata-rata bank belum mengakui eksistensi usaha yang mereka jalani secara online.

Padahal orang-orang yang saya temui ini bisa ber-omset  lebih dari Rp. 20 juta perbulan dengan margin keuntungan hingga 30%, beberapa bahkan bisa lebih besar tergantung jenis barang dan pangsa pasar mereka.

Seorang Ibu rumah tangga sebut saja bernama Dewi yang menggeluti jual  - beli online sudah lebih dari 5 tahun menuturkan pada saya pengalaman pahitnya di tolak oleh bank saat mengajukan pembiayaan guna tambahan modal, hanya karena ia tidak mampu menunjukkan stok barang dagang guna dokumentasi permohonan pembiyaannya.

Menurut ibu Dewi, bisnis ini sudah ia mulai sejak pertengahan tahun 2010, awalnya ia coba menawarkan beberapa item barang di group percakapan sebuah media soscial yang beranggotakan teman-teman sekolah, seiring berjalannya waktu yang pesan barang semakin banyak bahkan sudah tidak sebatas teman sekolah lagi, group-group dimedia social pun semakin bertambah bahkan saat ini Ibu Dewi mengoperasikan 7 (tujuh) buah telpon genggam untuk melayani pelanggan-pelanggannya, masing-masing telpon genggam berisi 3 – 4 group dan masing-masing group beranggotakan lebih dari 20 Orang, pembatasan jumlah group dan jumlah anggota group dilakukan untuk menghindari overload data agar komunikasi dengan para anggota group tetap lancar.

Suplier ibu Dewi sebagian besar di Jakarta, namun ada juga yang di Bandung, Semarang dan Surabaya, seluruh customernya adalah wanita sehingga barang yang diperjual belikan didominasi pakaian jadi, tas dan sepatu.

Kembali pada cerita penolakan bank atas permohonan kreditnya, Ibu Dewi merasa usaha yang dijalaninya saat ini mempunyai potensi untuk di kembangkan, hasil yang diperoleh pun dirasa cukup memuaskan dan mampu meningkatkan ekonomi rumah tangga tanpa harus meninggalkan rumah dan tetap bisa bersama anak-anaknya, namun ia merasa pihak bank masih memandang usaha ini sebagai anak tiri, terbukti dalam proses analisanya mereka menerapkan aturan seperti usaha pada umumnya, toko pakaian, toko sembako, toko kelontong dan lainnya.

Padahal untuk jual – beli online, memang sulit untuk menghadirkan stok atau persediaan, apalagi ia hanya pedagang perantara, bukan yang memproduksi. Barang yang dibeli hanya sesuai dengan orderan pembeli, begitu barang sampai harus langsung dikirim ke pemesan/ pembeli, belum lagi yang menggunakan sistem dropship, dimana barang yang di order akan dikirim langsung oleh suplier ke alamat pemesan pertama. Perlu diketahui kecepatan barang sampai menjadi salah satu penilaian pemesan dalam memilih tempat belanja online.

Saat pengajuan ke bank, ibu Dewi merasa telah memenuhi seluruh syarat administrasi, ia juga melampirkan beberapa dokumen pendukung diantaranya
  1. Daftar suplier lengkap dengan nama toko, alamat dan nomor telponnya, sehingga jika ingin verifikasi pihak bank bisa menghubunginya langsung
  2. Catatan pemesan 3 bulan terakhir, lengkap dengan informasi jenis barang, harga beli, harga jual, tanggal pengiriman barang.
  3. Resi penerimaan dan pengiriman barang dari salah satu perusahaan ekspedisi terkemuka (beberapa bulan terakhir yang masih terkumpul)
  4. Salinan mutasi rekening bank 6 bulan terakhir, di situ dapat dilihat transaksi uang masuk dan keluar terkait usaha yang dijalani, nomor rekening dan nama suplier berapa besar transaksi dapat di cocokkan dengan poin 1 dan 2.
  5. Untuk jaminan juga ibu Dewi menjaminkan asset yang cukup sesuai dengan plafond yang di ajukan.
  6. Bagaimana dengan BI Checking? Ibu Dewi meyakinkan bahwa ia tidak pernah mempunyai catatan buruk dilembaga keuangan bank maupun non bank.

Dari cerita diatas, menurut saya wajar jika banyak orang berpendapat sama seperti ibu Dewi, apa yang dipersiapkannya saat ingin berhubungan dengan bank sebenarnya sudah sangat baik, namun dalam hal ini Bank/ Lembaga keuangan yang memproses tidak juga bisa langsung sepenuhnya disalahkan. Setiap Bank tentu mempunyai SOP yang memuat kriteria-kriteria calon nasabah yang dapat dilayani.

Namun, sudah saatnya bank atau lembaga keuangan lainnya lebih terbuka dan dapat mengakomodir orang-orang seperti ibu Dewi, sehingga penolakan hanya karena tidak ada stock atau persedian barang tidak terjadi lagi, karena karakteristik usaha ini memang berbeda dengan usaha toko-toko yang menjual barang fisik secara langsung.

di era perkembangan teknologi sekarang usaha seperti ini mempunyai potensi untuk terus berkembang seiring dengan pertumbuhan pengguna internet aktif (bahkan katanya salah satu yang terbesar didunia) dan tingginya pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia dimana orang-orang semakin familiar dengan hal-hal digital, salah satunya Jual Beli Online.

Begitu banyak referensi yang bisa kita temukan di internet terkait berapa besarnya peluang yang ada di sektor ini, Diperlukan perhatian dan dukungan semua pihak untuk menangkap dan mengembangkan peluang ini, sebagai salah satu jalan meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga pelaku usaha Online seperti ini tidak merasa menjadi anak tiri lagi. 

 Salam dari Si aBank

Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Online Shop - Bisnis "Anak Tiri""

  1. dapat info ternyata setiap tanggal 12 - 14 Desember setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ,,.,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI jambrong di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      ANDA JUGA BISA BERKONSULTASI MASALAH LAIN SEPERTI : TOGEL,PELARIS,SANTET,TUYUL,PERCINTAAN/ASMARA ATAU MASALAH GAIB LAINNYA.
      INI TIDAK AKAN BERHASIL TANPA ADA KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN DALAM DIRI ANDA SENDIRI

      Catatan: satu kata sudah cukup untuk orang bijak dan terima kasih banyak atas bacaan kesaksian dan kabar baik saya
      Tuhan memberkati kalian semua!

      Delete
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Delete
  2. Kami menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang sangat fleksibel Suku bunga kami bervariasi tergantung pada jumlah yang diminta dan jangka waktu penyelesaian Suku bunga kami relatif rendah dan bervariasi antara 1% dan 1,60%. Pilih Personal Loan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga tetap. Antara 1% dan 1,60% itu tidak berubah selama masa pinjaman Anda Anda yang memilih jumlah dan waktu yang paling sesuai untuk Anda Dengan Personal Loan, Anda dapat meminjam sejumlah € 3.000 hingga € 5.000.000 selama periode 12 sampai 240 bulan

    Kami mendukung pendanaan proyek Anda seperti pembangunan rumah Anda, kantor, peternakan, kami mendukung rencana perjalanan Anda, perusahaan Anda, atau proyek yang Anda butuhkan untuk pendanaan eksternal.

    Kami memberikan pinjaman untuk individu: pinjaman pribadi untuk konsumsi, pinjaman immobillier, pelunasan kredit, penebusan utang untuk memenuhi semua utang Anda menjadi satu pinjaman, pinjaman pendidikan bagi siswa, siap membiayai pembelian mobil Anda.


    Company:RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
    Address:110 2 Ave SW, Calgary, Alberta, France
    Phone/WA:+2348050300854
    E-mail:(ramadhanislamiyatloans@gmail.com)

    ReplyDelete

  3. widya Tarmuji, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan baik Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan beberapa daSaya ri kata-kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi, Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman curang di internet, tetapi mereka sangat asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban 6 kreditor pemberi pinjaman, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya, kemudian memperkenalkan saya ke sebuWah perusahaan pinjaman yang kredibel, TRACYMORGANLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman Rp. 800.000.000 dari TRACYMORGANLOANFIRM dengan tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi MRS melalui email: (TRACYMORGANLOANFIRM@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda juga dapat menghubungi saya melalui email: (widyatarmuji@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Tn. Tonimark, email: (Tonimark28@gmail.com). Apa yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya tidak pernah dipenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sebagaimana disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan baik Tuhan melalui TRACYMORGANLOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  4. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    ReplyDelete
  5. https://www.sarkariresultbihar.com/2018/11/bpsc-bihar-assistant-accountant-online-form.html?showComment=1582617297462#c4414895391733000605

    ReplyDelete
  6. Hubungi kami:
                                    (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
                                      WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                        Tel .... (+ 44) 7480 729811

    Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

    ReplyDelete

11111111111111