Masjid Al Falah - Mempawah

Sekitar jam 10 padi hari ini kami bertolak meninggalkan kota Singkawang setelah sejak senin 6 Januari 2014 berada di “kota amoy” .

Dalam perjalanan pulang tepatnya di kota Mempawah waktu sholat Jumat sudah hampir tiba, bersama 2 orang sahabat kami putuskan untuk singgah dan menunaikan sholat jumat di Masjid Agung “Al – Falah”.

Masjid ini merupakan masjid terbesar di Kabupaten Pontianak – Kota Mempawah, sepintas masjid ini seperti umumnya masjid – masjid yang pernah saya singgahi.

Saat tiba di lingkungan masjid kami langsung menuju tempat ber-Wudhu, saya sempat ke toilet karena dalam perjalanan ada sedikit “gangguan” pada perut.

Tanpa sengaja saya memperhatikan dan merasakan masijid ini mempunyai “toilet” yang cukup bersih, bahkan mungkin salah satu yang terbersih, sebagai gambaran saja salah satu pusat perbelanjaan di Kota pontianak yang mempunyai fasilitas rest room setara hotel bintang tiga saja masih sering menyisakan aroma ”khusus”, nah di Masjid Agung Al – Falah Mempawah saya sama sekali tidak menemukan itu, Subhanallah, masjid ini sepertinya mempunyai pengurus yang cukup concern pada kebersihan yang memang seharusnya jadi icon masjid.

Tidak hanya ini, masjid ini juga mempunyai karpet yang cukup bagus bahkan salah satu teman sehabis sholat jumat berseloroh “karpetnya lembut, jadi pingin tidur”. Satu lagi masjid ini juga mempunyai sound system yang bagus, suaranya jelas dan keras namun tetap ramah ditelinga.

 

Khotbah Jumat

Dalam khotbahnya khatib mengajak jamaah untuk terus dan selalu bersyukur karena masih diberi kekuatan dan kesehatan seluruh organ tubuh secara utuh untuk dapat hadir dan menunaikan sholat jumat secara berjamaan.

Dalam salah satu kalimatnya khatib dengan lantang menyebut bahwa bulan ini dalam kalender Hijriah merupakan salah satu bulan istimewa karena pada bulan “Maulid” ini lah lahir serorang tokoh “reformasi” sejati yaitu Nabi Allah Rasulullah SAW.

Tulisan ini dibuat saat mampir dicabang Sungai Pinyuh

 

Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid Al Falah - Mempawah"

Post a Comment

11111111111111